Apa Itu Bimbel? Apa manfaatnya ikutan Bimbel?

rekomendasi tempat bimbel terbaik di Indonesia

Halo, apa kabar? Kamu sudah mendaftarkan diri ke tempat bimbel yang bagus yaitu Primagama belum nih? Ikutan bimbel yuk, berguna banget lho untuk kesuksesanmu sebagai pelajar. Di artikel ini, aku mau meyakinkan kamu serta para orang tua untuk mendaftarkan anaknya ikut bimbel.

Bimbingan belajar atau biasa dikenal dengan bimbel merupakan pilihan bagi orang tua yang hendak memberikan pembelajaran tambahan di luar sekolah. Bimbel dinilai sangatlah efektif menjadi suplemen yang baik dalam pendidikan. 

Bimbel selalu diampu dengan tutor yang berpengalaman, sehingga tutor sangat memperhatikan pemahaman dan perkembangan peserta didiknya mengenai materi yang dipelajarinya di sekolah. 

Tentunya orang tua mengharapkan anaknya dapat lebih berprestasi di dalam pendidikan, terutama di sekolah. Dengan mengikuti bimbel, orang tua tidak perlu khawatir karena anak-anaknya akan terbantu untuk lebih memahami materi pelajaran di sekolah.

Nah, tidak perlu berlama-lama, berikut pengertian lengkap mengenai bimbel alias bimbingan belajar mulai dari tujuan, rekomendasi bimbel tertua di Indonesia dan terbaik.

Apa Itu Bimbel?

Apa itu Bimbingan Belajar (Bimbel)? Bimbel adalah salah kegiatan tambahan di luar sekolah yang dilakukan guna memberikan bantuan kepada para peserta didik agar mendapatkan prestasi atau hasil belajar yang lebih optimal di sekolah. Bimbingan belajar biasanya di luar sistem sekolah. 

Dengan mengikuti bimbingan belajar peserta didik akan mendapatkan banyak keuntungan yang meliputi semakin kemampuan pemahamannya terhadap mata pelajaran yang selama ini dianggap sulit, mengembangkan kemampuan untuk bersosialisasi, dan juga meningkatkan prestasi dari peserta didik itu sendiri. 

Prestasi dan daya tangkap anak pada suatu mata pelajaran memang berbeda-beda. Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh para orang tua. Orang tua berkewajiban mengarahkan anaknya, ketika mendapati kesulitan terhadap suatu mata pelajaran. Salah satunya adalah dengan mengarahkan anaknya mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.

Pentingnya Bimbel Bagi Anak, Orang Tua Harus Tahu

Sudah dijelaskan bahwa bimbel sangatlah bermanfaat bagi kegiatan tambahan di luar sekolah. Berikut adalah sederet alasan pentingnya bimbel bagi anak:

Meningkatkan Inteligensi

Kecerdasan atau inteligensi peserta didik yang mengikuti bimbel tentu saja akan meningkat dibandingkan yang tidak mengikutinya. Hal tersebut terjadi karena anak yang ikut bimbel akan memiliki waktu tambahan belajar. Hal ini akan meningkatkan kecerdasan kognitif, afektif dan psikomotor.

Mempelajari Hal Baru

Mengikuti bimbel tidak hanya akan menambah wawasan, melainkan meningkatkan kreativitas untuk menggunakan metode atau cara menyelesaikan soal yang berbeda dengan yang diberikan guru di sekolah.

Metode pembelajaran peserta didik jadi lebih variatif, mengasah keaktifan. Jika mengikuti bimbel siswa akan dapat tips-tips mudah menyelesaikan soal-soal latihan. Serta akan terbiasa mengerjakan soal latihan dengan mudah dan menyenangkan.

Menambah Waktu Belajar yang Berkualitas

Mengikuti bimbel akan meningkatkan frekuensi belajar pada siswa. Meski sudah belajar full di sekolah, bimbel dapat membantu untuk belajar di rumah dan mengingat kembali pelajaran di sekolah. Waktu bimbel bisa diambil saat hari libur. Inovasi bimbel terbaru dengan membuat aplikasi bimbel online akan membantu peserta didik untuk belajar secara santai di mana pun berada.

Menjadi Tangguh

Peserta didik dilatih menjadi pribadi yang tangguh dan berprestasi. Jika kawan-kawannya hanya lelah bermain, peserta didik yang mengikuti bimbel akan lebih tangguh dan berprestasi. Karena dengan mengikuti bimbel akan lebih banyak waktu belajar sehingga terlatih dan terasah kemampuannya.

Di atas tadi merupakan pengertian dan manfaat yang didapatkan ketika anak mengikuti bimbel. Karena sudah sempat menyinggung aplikasi bimbel online, sekarang aku akan sharing mengenai Hybrid Learning yang merupakan inovasi terbaru dari New Primagama.

Hybrid Learning merupakan metode New Primagama yang menggabungkan kekuatan dari sistem pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh. Metode ini dibuat agar peserta didik di Indonesia tidak lagi terhalang jarak dan waktu untuk mencapai tujuan belajarnya sehingga dapat belajar dari mana saja dan kapan saja.

Inovasi selanjutnya adalah Two-Teachers Model yang merupakan metode New Primagama untuk berfokus pada kualitas dari setiap sesi-sesi pembelajaran dari tutor-tutor terbaik. Metode ini juga akan berfokus pada penerapan mixed practice, dengan memberikan lebih banyak latihan soal.

Selain itu, para peserta didik akan mendapatkan pengalaman belajar terintegrasi melalui fitur Zenius dan pembelajaran tatap muka di cabang Primagama. 

Metode Hybrid Learning dan Two-Teachers Model ini bisa mulai dinikmati para siswa pada tahun ajaran baru 2022/2023 dan tersedia untuk Kelas 3-6 SD, Kelas 7-9 SMP, dan Kelas 10 SMA – ALUMNI di 216 cabang Primagama seluruh Indonesia.

Kolaborasi Primagama dan Zenius menggarap model hybrid learning melalui skema (online-merge-offline/OMO), yang akan menjadi metode belajar efektif di masa depan.

New Primagama Powered by Zenius juga memperkenalkan hybrid learning yang dikemas dalam two-teacher model, yaitu metode di mana para siswa bisa mendapatkan materi-materi pelajaran dari tutor Zenius secara online dan memperdalam pemahaman materi melalui bantuan tutor offline dari Primagama.

Bergabungnya Primagama dengan Zenius, bimbel yang memiliki lebih dari 90.000 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia terus bertransformasi untuk mendukung cita-cita anak Indonesia dengan metode belajar baru yang disebut Hybrid Learning dan Two-Teachers Model. Berikut beberapa testimoni peserta didik yang pernah mengikuti bimbel di Primagama:

Eits, kalau kamu makin penasaran, langsung aja ikutan bimbel dari New Primagama Powered by Zenius. Di sini kamu bisa dapetin akses ke ribuan materi belajar dan dibimbing langsung oleh para tentor berpengalaman. Klik gambar di bawah ini buat cek paket belajarnya ya!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.