Universitas di Jawa Barat yang Memiliki Akreditasi Internasional

Siapa nih yang mau kuliah di universitas di Jawa Barat

Ngomongin milih tempat kuliah, ada salah satu pertimbangan penting yang harus kita pikirkan matang-matang ketika memilih universitas untuk melanjutkan pendidikan tinggi lho.

Yaitu akreditasi yang telah dimiliki jurusan, fakultas hingga perguruan tinggi tersebut. 

Ini menjadi hal penting karena adanya akreditasi membuktikan kualitas pengajar, fasilitas, hingga sistem pendidikan yang ada di universitas tersebut. 

Kamu tentu gak mau kan, masuk ke suatu perguruan tinggi tapi ternyata kualitasnya zonk?

Nah, khusus untuk kamu yang mau berkuliah di universitas di Jawa Barat, aku udah menyiapkan data lengkap mengenai akreditasi nasional dan internasional yang berhasil diperoleh universitas-universitas terbaik di Jawa Barat. 

Gak cuman perguruan tinggi, data universitas swasta terbaik di Jawa Barat juga ada. Jadi kamu bisa menentukan pilihan dengan lebih leluasa. 

Universitas di Jawa Barat dengan Akreditasi A

Hingga Mei 2022, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (disingkat Kemenristek-dikti) mencatat Jawa Barat memiliki 22 Perguruan Tinggi Negeri (PTN), 32 Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan 34 Akademi. 

Dari semuanya, terdapat 18 universitas di Jawa Barat yang sudah memiliki akreditasi A berdasarkan penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Daftarnya adalah sebagai berikut:

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Politeknik Negeri Bandung 
  4. Politeknik STTT Bandung 
  5. Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan 
  6. Universitas Gunadarma 
  7. Universitas Islam Bandung 
  8. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati 
  9. Universitas Katolik Parahyangan. 
  10. Universitas Multimedia Nusantara 
  11. Universitas Indonesia (UI)
  12. Universitas Padjadjaran (Unpad)
  13. Universitas Pasundan 
  14. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  15. Universitas Pertahanan 
  16. Universitas Presiden 
  17. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 
  18. Universitas Telkom (Tel-U)

Selain akreditasi melalui BAN-PT yang bisa menjadi pertimbangan kamu berkuliah di universitas di Jawa Barat, kamu juga bisa mengecek ranking universitas di tingkat dunia atau internasional menggunakan QS World University Rankings.

Rangking ini melibatkan 1.300 universitas di dunia lho. Dan kerennya lagi terdapat lima universitas di Jawa Barat yang menjadi perwakilan Indonesia.

Universitas Terbaik di Jawa Barat Menurut QS World University Rankings

Dan dari 17 universitas di Jawa Barat tersebut, 5 di antaranya menurut QS World University Rankings masuk dalam 1.300 universitas terbaik di dunia pada tahun 2022. 

Universitas Indonesia (UI) 

Universitas di Jawa Barat, lebih tepatnya di Depok ini berhasil meraih peringkat ke 290 dari 1.300 universitas di dunia yang dirangking oleh QS World University Rankings pada tahun 2022. 

Pencapaian ini membuat UI menjadi PTN Negeri nomor dua terbaik di Indonesia (setelah UGM) dengan skor penilaian 35,1. 

Institut Teknologi Bandung (ITB) 

Tepat di bawah UI, Universitas terbaik di Jawa Barat selanjutnya adalah ITB. Universitas yang memiliki kampus pusat di Jalan Ganesha Bandung ini berhasil menduduki rangking ke 303 menurut QS World University Rankings.

Dengan prestasinya ini, ITB menjadi universitas di Jawa Barat yang berhasil menduduki peringkat ke-3 terbaik nasional. 

Institut Pertanian Bogor (IPB) 

Universitas terbaik di Jawa Barat selanjutnya adalah IPB, dengan peringkat 511 dari 1.300 universitas dunia membuat kampus yang diresmikan oleh Ir. Soekarno pada tahun 1963 menjadi universitas rangking 5 terbaik secara nasional. 

Universitas Padjadjaran (Unpad)

Masuk dalam jajaran universitas di Jawa Barat yang memiliki peminat terbanyak selama SBMPTN, Unpad kembali mengukir prestasi sebagai salah satu universitas dengan ranking 801 secara internasional berdasarkan QS World University Rankings.

Ini membuat PTN yang memiliki kampus utama di Jatinangor, Sumedang ini menjadi universitas terbaik ke-7 dalam skala nasional. 

Telkom University (Tel-U)

Menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta (PTS) asal Jawa Barat yang masuk dalam QS World University Rankings. Telkom University atau Tel-U berhasil menduduki peringkat 1001. 

Dengan prestasi ini, Tel-U mencatatkan diri sebagai salah satu universitas di Jawa Barat terbaik nomor 10 di Indonesia. 

Universitas di Jawa Barat dengan Akreditasi Internasional

Seperti yang udah sempet aku mention di atas, perguruan-perguruan tinggi di Indonesia harus memiliki akreditasi dari BAN-PT. 

Tetapi selain dari lembaga nasional BAN-PT, beberapa universitas termasuk universitas di Jawa Barat banyak yang memiliki akreditasi internasional lho. 

Ini tentunya menjadi nilai tambah bagi universitas, fakultas maupun jurusan. Karena untuk mendapatkan akreditasi tersebut, tim universitas harus melalui perjalanan dan evaluasi yang panjang. 

Dibandingkan dengan akreditasi oleh BAN-PT, akreditasi Internasional biasanya lebih beragam karena penilaiannya disesuaikan dengan fokus bidang keilmuan dari suatu jurusan.

Jadi jangan heran kalau satu jurusan dengan jurusan lain memiliki akreditasi internasional dari lembaga yang berbeda ya guys. 

Nah, supaya kamu lebih paham, berikut ini adalah lembaga akreditasi internasional untuk bidang keilmuan tertentu:

  • ABEST21 (The Alliance on Business Education And Scholarship For Tomorrow)

Seperti namanya, lembaga ini khusus melakukan akreditasi dan penilaian terhadap jurusan atau sekolah bisnis. 

Contoh jurusan yang bisa diakreditasi misalnya Administrasi Bisnis, Sekolah Bisnis, Manajemen, Manajemen Keuangan, dan sejenisnya. 

  • Korea Architectural Accrediting Board (KAAB)

Pasti kamu udah tau lembaga ini akan mengakreditasi jurusan apa. Yap, KAAB ini khusus akreditasi untuk jurusan Arsitektur atau sejenisnya. 

Selain itu, KAAB juga mendukung pemenuhan program pendidikan Arsitektur agar memiliki kualitas yang lebih baik. 

  • The Royal Society of Chemistry

Lembaga yang satu ini dikhususkan untuk memberikan akreditasi pada jurusan Kimia, baik dari kelompok Strata 1 (Sarjana), Strata 2 (Magister) hingga Strata 3 (Doctor).

Akreditasi yang diberikan oleh lembaga yang berpusat di Inggris ini berlaku selama lima tahun.  

  • ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik)

Kalau baca dari kepanjangannya, kira-kira lembaga akreditasi ini berasal dari mana guys? Kalo kamu tebak lembaga ini berasal dari Jerman, selamat! kamu dapat 100 point!

ASIIN (huruf i-nya dua ya) adalah lembaga akreditasi khusus untuk jurusan sains. Khususnya Matematika, Biologi hingga Ilmu Rekayasa. 

  • IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education)

Merupakan bagian dari Institusi Insinyur Indonesia (PII), IABEE adalah lembaga nirlaba independent yang mengakreditasi jurusan-jurusan yang berfokus di bidang Teknik. 

Tidak hanya itu IABEE juga membantu menjaga mutu pendidikan teknik di Indonesia melalui penerapan kriteria akreditasi yang telah diakui dalam dunia pendidikan internasional.

  • Japanese Accreditation Board for Engineering Education (JABEE)

JABEE adalah organisasi non-pemerintah asal Jepang yang memberikan akreditasi jurusan-jurusan yang berfokus pada bidang keilmuan teknik, Matematika, Sains hingga Pertanian. 

  • Accreditation Service for International Schools, Colleges & Universities (ASIC) 

Lembaga akreditasi ASIC adalah salah satu lembaga akreditasi yang bisa digunakan untuk jurusan-jurusan umum alias tidak ada bidang keilmuan tertentu. 

Hasil akreditasi lembaga yang berpusat di Inggris ini juga sudah berdasarkan standar kualitas yang telah diterima secara internasional. 

  • World Federation of Medical Education (WFME) 

Atau Federasi Dunia untuk Pendidikan Dokter adalah salah satu lembaga yang menghimpun akreditas khusus jurusan-jurusan di bidang Kesehatan. 

Tujuannya menjamin keselamatan pasien dan mendukung kualitas dokter praktik yang kompeten. 

Akreditasi pendidikan kedokteran biasanya dilakukan oleh pemerintah nasional, atau oleh lembaga yang menerima otoritas dari pemerintah nasional. Di Indonesia, tugas ini dilakukan oleh Indonesian Accreditation Agency for Higher Education in Health (IAAHEH) atau Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) kemudian dilaporkan ke WFME. 

  • Foundation for International Business Administration (FIBAA)

Adalah lembaga akreditasi asal Eropa yang berorientasi internasional untuk penjaminan mutu dan pengembangan mutu dalam pendidikan tinggi. 

Rata-rata jurusan yang diakreditasi di FIBAA berasal dari rumpun sosial humaniora, seperti jurusan Literatur, Bahasa, Hukum, Komunikasi, Ekonomi, Manajemen hingga Bisnis Administrasi. 

  • Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA)

Adalah lembaga akreditas di kawasan ASEAN yang bertujuan menyelaraskan sistem dan standar pendidikan tinggi di ASEAN serta mendorong penelitian kolaboratif, dan memfasilitasi transfer kredit di antara para anggotanya.

  • ABET

ABET accreditation adalah lembaga non profit dan non-pemerintah yang berbasis di Inggris. 

Lembaga ini khusus mengakreditasi program pendidikan yang berfokus dalam ilmu terapan dan alam, komputer, teknik dan teknologi rekayasa.

Nah, sekarang kamu udah mengenal kan macam-macam lembaga akreditasi di dunia Internasional. 

Kamu juga patut berbangga lho karena banyak jurusan-jurusan di universitas Indonesia termasuk universitas di Indonesia yang telah berhasil mendapatkan akreditasi dan diakui secara internasional. 

Supaya kamu lebih tau jurusan di universitas di Jawa Barat mana aja sih yang sudah memperoleh akreditasi internasional dan jenis akreditasi apa aja yang mereka dapatkan, langsung aja baca informasi lengkapnya di bawah ini ya. 

Universitas Indonesia (UI) 

Universitas negeri di Jawa Barat yang memiliki akreditasi internasional, aku buka dengan kampus kuning. 

Tercatat, 39 jurusan dari berbagai fakultas di UI telah mendapatkan akreditasi Internasional, secara rinci datanya adalah sebagai berikut: 

  • Akreditasi dari Royal Society of Chemistry (RSC)
  • Jurusan Kimia
  • Akreditasi dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE)
  • Teknik Kimia
  • Akreditasi dari Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE)
  • Teknik Kimia 
  • Akreditasi dari IABEE
  • Teknik Mesin
  • Teknik Metalurgi dan Material
  • Teknik Sipil
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Komputer
  • Teknologi Bioproses
  • Teknik Industri
  • Akreditasi dari Association of MBAs (AMBA)
  • Magister Manajemen
  • Akreditasi dari ABEST 21
  • Magister Manajemen
  • Akreditasi dari AUN-QA
  • Sastra Inggris S1
  • Teknik Bioproses
  • Teknik Perkapalan
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Komputer
  • Arsitektur Interior
  • Ilmu Keperawatan
  • Profesi Ners
  • Gizi
  • Ilmu Komunikasi
  • Ilmu Politik
  • Pendidikan Dokter Gigi
  • Ilmu Hubungan Internasional
  • Kriminologi

Institut Teknologi Bandung (ITB) 

Selanjutnya adalah jurusan-jurusan di ITB yang sudah memiliki akreditasi internasional. 

Setidaknya, sampai 2022 tercatat ada 46 jurusan, mulai dari S1, S2 dan S3 di ITB yang sudah mendapatkan pengakuan internasional. 

  • Akreditasi dari ASIIN 
  • Fisika
  • Matematika
  • Astronomi
  • Biologi
  • Mikrobiologi
  • Sains dan Teknologi Farmasi
  • Farmasi Klinik dan Komunitas
  • Teknik Mesin, Fakultas 
  • Teknik Dirgantara
  • Teknik Material
  • Teknik Mesin
  • Teknik Dirgantara
  • Teknik Material
  • Teknik Geofisika
  • Teknik Geologi
  • Teknik Geodesi dan Geomatika
  • Meteorologi
  • Oseanografi
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Akreditasi dari ABET
  • Teknik Elektro
  • Teknik Kelautan
  • Teknik Fisika
  • Teknik Kimia
  • Teknik Informatika
  • Teknik Industri
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Sipil
  • Teknik Perminyakan
  • Teknik Pertambangan 
  • Manajemen Rekayasa
  • Teknik Telekomunikasi
  • Teknik Tenaga Listrik
  • Sistem dan Teknologi Informasi
  • Akreditasi dari Korea Architectural Accrediting Board (KAAB)
  • Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan 
  • Magister Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan 
  • Akreditasi dari Royal Society of Chemistry (RSC)
  • Kimia
  • Akreditasi dari Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB)
  • Manajemen
  • Kewirausahaan
  • Magister Sains Manajemen
  • Magister Administrasi Bisnis (Kampus Bandung)
  • Magister Administrasi Bisnis (Kampus Jakarta)
  • Doctoral Sains Manajemen
  • Akreditasi dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE)
  • Rekayasa Hayati
  • Rekayasa Pertanian
  • Teknik Metalurgi

Universitas Padjadjaran (Unpad)

Selanjutnya adalah Universitas yang punya kampus utama di Jatinangor Sumedang. 

Sebagai salah satu perwakilan universitas di Jawa Barat yang juga punya segudang prestasi, Unpad berhasil memiliki Fakultas Farmasi (FF) yang berhasil mendapatkan akreditasi dari ASIIN secara keseluruhan. 

  • Akreditasi dari Royal Society of Chemistry (RSC)
  • Jurusan Kimia
  • Akreditasi dari ABEST 21
  • Akuntansi 
  • Ilmu Ekonomi 
  • Manajemen 
  • Ekonomi Islam 
  • Bisnis Digital 
  • Magister Akuntansi 
  • Magister Ekonomi Terapan 
  • Magister Ilmu Ekonomi 
  • Magister Ilmu Manajemen 
  • Magister Manajemen 
  • Magister Manajemen Keuangan Mikro Terpadu
  • Doktor Ilmu Akuntansi 
  • Studi Doktor Ilmu Ekonomi 
  • Program Studi Doktor Ilmu Manajemen
  • Akreditasi dari ASIIN
  • Farmasi
  • Profesi Apoteker
  • Magister Farmasi
  • Magister Farmasi Klinik
  • Doktor Farmasi

Institut Pertanian Bogor (IPB) 

Menjadi universitas rangking 5 terbaik secara nasional tentunya IPB memiliki segudang prestasi salah satunya akreditasi di tahap internasional. 

Menariknya, salah satu universitas di Jawa Barat ini sudah mendapatkan akreditasi dari Institute of Marine Engineering, Science and Technology (IMarEST). Nah, akreditasi ini bisa digunakan untuk pendaftaran Chartered Scientist dan Chartered Marine Scientist bagi mahasiswa IPB. 

  • Akreditasi dari Royal Society of Chemistry (RSC)
  • Kimia
  • Akreditasi dari ASIIN
  • Manajemen Hutan
  • Teknologi & Manajemen Perikanan Tangkap
  • Proteksi Tanaman
  • Agronomi & Hortikultura
  • Sarjana Bisnis
  • Magister Manajemen dan Bisnis
  • Doktor Manajemen dan Bisnis
  • Akreditasi dari IMarEST
  • Ilmu dan Teknologi Kelautan
  • Akreditasi dari AUN-QA
  • Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (KSHE)
  • Biologi 
  • Akreditasi dari IABEE
  • Teknik Sipil dan Lingkungan
  • Teknik Mesin dan Biosistem

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

  • Akreditasi dari ASIC
  • Pendidikan Bahasa Arab 
  • Pendidikan Bahasa Prancis 
  • Pendidikan Bahasa Jepang 
  • Tari 
  • Teknik Mesin 
  • IPSE 

Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung 

  • Akreditasi dari ASIC
  • Ilmu Kedokteran (Tahapan Akademik Dan Profesi) 
  • Magister Hukum 
  • Ilmu Komunikasi 
  • Akuntansi 
  • Ekonomi 
  • Manajemen 
  • Jurusan Teknik Pertambangan 
  • Perencanaan Wilayah Dan Kota 
  • Jurusan Hukum 
  • Matematika 
  • Psikologi 
  • Hukum Ekonomi Syariah 
  • Pendidikan Agama Islam 

Tenang aja guys, selain universitas negeri di Jawa Barat, aku juga punya daftar akreditasi universitas swasta alias PTS kok. 

Universitas Telkom (IT Telkom)

  • Akreditasi dari IABEE 
  • Teknik Komputer 
  • Teknik Telekomunikasi 
  • Teknik Elektro 
  • Teknik Fisika 
  • Teknik Industri 
  • Akreditasi dari ASIC
  • Administrasi Bisnis 
  • Ilmu Komunikasi 
  • Seni Kreatif 
  • Desain Komunikasi Visual 
  • Manajemen 
  • Akuntansi 
  • Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi 
  • Teknologi Komunikasi
  • Kerajinan 
  • Desain Interior 
  • Desain Produk 

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) 

  • Akreditasi dari IABEE 
  • Teknik Sipil
  • Teknik Industri
  • Teknik Kimia

Universitas Gunadarma

  • Akreditasi dari IABEE 
  • Teknik Sipil
  • Teknik Industri
  • Teknik Mesin 
  • Akreditasi dari FIBAA
  • Sastra Inggris

Oke, itu tadi daftar universitas di Jawa Barat dengan akreditasi masing-masing. Mulai dari akreditasi nasional yang diberikan BAN-PT hingga akreditasi internasional yang diberikan beberapa lembaga. 

Semoga informasi mengenai universitas terbaik di Jawa Barat ini bisa memberikan gambaran kepada kamu yang mau memilih jurusan, fakultas hingga universitas untuk melanjutkan perguruan tinggi. 

Karena pilihan kamu sekarang akan menentukan nasib kamu empat sampai lima tahun ke depan, jadi harus bener-bener well prepare ya guys~Sudah punya jurusan yang diincar di kampus favoritmu? New Primagama Powered by Zenius siap bantu kamu untuk hadapi seleksi mandiri di kampus mana aja. Klik gambar di bawah ini untuk dapetin info lengkapnya!

biaya bimbel primagama

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.