Sekolah Tatap Muka Kembali Diadakan, Ini Persiapan yang Harus Diperhatikan

hak dan kewajiban di sekolah

Setelah Covid-19 melanda Indonesia dengan begitu dahsyat, lambat laun virus ini mulai mengalami tren baik dalam kasus penurunannya. Dengan keadaan seperti itu, maka hampir sebagian besar sekolah saat ini mengadakan sekolah tatap muka bagi siswa-siswanya.

Kabar ini tentu saja membuat gembira para siswa. Pasalnya, mereka bisa kembali menjalani sekolah sebagaimana mestinya, yaitu sekolah offline. Akan tetapi, tidak semua siswa mungkin sudah menjalani sekolah tatap muka. Beberapa di antara mereka langsung melaksanakan sekolah online dikarenakan pandemi dari tahun 2020.

Nah, permasalahan ini tentu saja patut diperhatikan dengan baik oleh para orang tua. Kira-kira, bagaimana, ya, persiapan pelajar menjelang sekolah tatap muka? Lalu, apa saja hak dan kewajiban di sekolah yang harus diketahui? Yuk, simak baik-baik artikelnya!

Persiapan Sebelum Sekolah Tatap Muka

Meski kasus corona di Indonesia sedang dalam keadaan yang cenderung baik, kamu harus tetap memperhatikan kesehatan dengan baik.

Ketika hendak melakukan kegiatan sekolah tatap muka, hendaknya kita harus melakukan persiapan di bawah ini:

1. Melaksanakan 3M

Selama berada di luar rumah, pastikan kamu melaksanakan 3M dengan baik, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Tiga aktivitas tersebut penting untuk dilakukan dengan baik untuk menghindari penyebaran virus corona.

Lebih baik lagi, kamu membawa peralatan yang menunjang protokol kesehatan, seperti masker cadangan dan juga hand sanitizer.

2. Membawa bekal dari rumah

Kesehatan adalah prioritas tertinggi. Salah satu cara terbaik dalam mempersiapkan sekolah tatap muka yaitu menyiapkan bekal yang penuh gizi. 

Selain menghemat ongkos, bekal dari rumah juga menjauhkan kamu  dari penularan virus corona. Sebab, semua peralatan makan sudah dibawa dari rumah. Kamu bisa minta dibuatkan bekal kepada orang tua terlebih dahulu sebelum berangkat sekolah.

Hak Siswa di Sekolah

Nah, setelah mengetahui apa-apa saja yang perlu dipersiapkan jelang sekolah offline, siswa juga perlu tahu apa saja hak dan kewajiban di sekolah.

Beberapa dari kamu mungkin sama sekali belum pernah menjalani sekolah offline karena pandemi selama 2 tahun ini. Kira-kira apa saja, ya, hak dan kewajibannya?

Hak mendapatkan ilmu pengetahuan

Sebagai orang siswa, ilmu pengetahuan menjadi hal yang sangat penting. Oleh karena itu, sekolah wajib memberikan ilmu pengetahuan dengan maksimal dari setiap mata pelajaran yang akan diberikan kepada siswa.

Jika pada suatu hari guru sedang berhalangan hadir, siswa berhak meminta hari pengganti untuk mata pelajaran yang ditinggalkan. Sebab, apabila tidak mendapatkan materi yang kompeten, siswa tentu akan kesulitan untuk bisa lulus dari sekolah.

Hak mengajukan pertanyaan

Siswa juga berhak mengajukan pertanyaan apabila mereka tidak mengerti mata pelajaran yang disampaikan oleh guru. 

Jika di tengah penjelasan kamu tidak paham tentang satu materi, sebaiknya segera tanyakan agar kamu semakin memahaminya dengan baik. Guru tentu akan menjawab dengan senang hati.

Hak memakai fasilitas sekolah

Masing-masing sekolah mempunyai beragam fasilitas yang menunjang aktivitas siswa di sekolah, mulai dari lapangan olahraga, kantin, lab, ruang ekstrakurikuler, UKS dan lain-lain.

Nah, sebagai siswa kamu berhak memakainya. Akan tetapi, siswa juga harus menggunakannya sesuai fungsinya, ya, tidak boleh disalahgunakan. 

Hak kesehatan dan keamanan

Apabila selama rangkaian sekolah tatap muka siswa mengalami sakit, ia juga berhak mendapatkan perawatan yang bagus dari sekolah. Sebab, di sekolah juga tersedia fasilitas seperti UKS. Jika kamu merasa tidak enak badan, segera menuju ke UKS supaya dirawat dengan baik.

Nggak cuman dari segi kesehatan, keamanan juga berhak didapatkan siswa ketika di sekolah. Jangan sampai, kegiatan belajar mengajar jadi terganggu karena ada kericuhan, baik yang datang dari internal maupun eksternal sekolah.

Hak layanan Bimbingan dan Konseling (BK)

Bimbingan dan Konseling atau biasa disingkat BK juga jadi salah satu unsur penting di sekolah bagi para siswa. Adanya BK berfungsi untuk mendidik siswa agar mempunyai perilaku yang baik. 

Selain itu, siswa juga bisa melakukan konsultasi kepada bagian BK jika merasa mempunyai masalah di luar kegiatan belajar mengajar, entah itu masalah internal ataupun masalah pemilihan jurusan ketika hendak masuk SMA.

Kewajiban Siswa di Sekolah

Wajib patuh terhadap tata tertib sekolah

Jika ada hak-hak yang wajib diberikan kepada siswa dari sekolah, sebagai siswa juga wajib melaksanakan segala kewajibannya di sekolah. Kewajiban yang pertama yaitu mematuhi segala peraturan tata tertib di sekolah.

Masing-masing sekolah tentu saja mempunyai aturannya tersendiri. Nah, kamu sebagai siswa harus mematuhi peraturan yang berlaku supaya suasana kegiatan sekolah tatap muka berjalan dengan kondusif.

Wajib menyelesaikan tugas sekolah

Biasanya, guru akan memberikan tugas sekolah seusai kegiatan belajar mengajar berlangsung. Sebagai siswa, kamu harus menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu. Sebab, tugas tersebut sangat berguna bagi kamu agar lebih memahami materi dengan matang.

Wajib sopan santun selama di sekolah

Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, siswa juga wajib menjaga sopan santunnya, baik itu kepada guru, sesama murid, satpam sekolah, penjaga kantin, dan lain-lain.

Dengan sopan santun, maka terciptalah suasana harmonis di dalam sekolah sehingga semua orang jadi merasa nyaman.

Wajib datang kelas tepat waktu

Kamu juga tidak boleh datang seenaknya saat hendak mengikuti kelas. Sebagai siswa wajib datang tepat waktu dan tidak terlambat saat sedang kelas berlangsung. Sebab, jika terlambat, kamu akan merugikan diri sendiri dan juga murid lainnya.

Wajib menjaga fasilitas sekolah

Siswa memang dibebaskan menggunakan fasilitas sekolah sepuasnya dan sesuai fungsinya. Akan tetapi, sebagai siswa kamu juga wajib menjaganya dengan baik. Bagaimana cara menjaganya? Sederhana sekali, kamu nggak perlu mencoret-coret tembok kamar mandi, kelas, atau tembok lainnya serta tidak mengotori lapangan dengan sampah.

Itu dia contoh hak dan kewajiban siswa di sekolah yang perlu diperhatikan dengan baik. Jangan sampai kamu sudah diberikan haknya tetapi tidak menjalankan kewajiban dengan baik, ya!

Selama menjalankan sekolah offline, pastikan kamu juga menjalankan konsep CCA+ ya, yaitu Cerdas, Cerah, dan Asyik. Dengan konsep seperti itu, kamu bisa menerima ilmu pengetahuan dengan baik dan tentu saja bisa mengajarkannya kepada orang lain.

Selamat menjalankan kegiatan sekolah tatap muka. Tetap perhatikan protokol kesehatan serta hak dan kewajiban di sekolah, ya, supaya menciptakan suasana yang aman dan tentram!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.