Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara

sistem pendidikan terbaik di asia tenggara

Mendapatkan pendidikan merupakan kebutuhan pokok setiap warga Negara. Pemerintah Indonesia sendiri mewajibkan bersekolah minimal selama 12 tahun. 

Dalam UUD 1945 dijelaskan mengenai mendapatkan Pendidikan Pasal 31 Ayat 1: “Setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan”.

Pendidikan merupakan kunci kualitas bagi sumber daya manusia di setiap negara. Kualitas sumber daya ini juga menjadi tolok ukur kemajuan sebuah negara. Hal-hal tersebut saling berkesinambungan demi peningkatan SDM di setiap Negara.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Lantas bagaimana sistem pendidikan di Indonesia? Apakah Indonesia masuk ke dalam daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara? Yuk, simak artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan jawabannya.

5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara

U.S. News & World Report telah merangkum peringkat sistem pendidikan terbaik di seluruh dunia. Peringkat ini disusun berdasarkan survei global dilandasi persepsi, berikut urutannya:

Singapura

Singapura merupakan negara di Asia Tenggara dengan kualitas pendidikan terbaik. Pertama-tama, Singapura memperhatikan kualitas guru atau tenaga pendidik agar dapat meningkatkan kualitas peserta didiknya kemudian.

Tersedia banyak ekstrakurikuler yang di Singapura, sehingga siswa memiliki banyak pilihan untuk mengembangkan minatnya.

Pada tahun 2018, pemerintah Singapura sudah merencanakan akan menghapus ujian pada jenjang awal sekolah dasar. Tepatnya, bagi siswa berusia 6 sampai 8 tahun. Langkah ini dilakukan guna membentuk mental siswa Singapura yang tidak hanya berorientasi pada nilai akademik, melainkan pada pengembangan diri.

Tidak hanya itu, Singapura juga menghilangkan pengumuman peringkat kelas dengan nilai rapor terbaik agar peserta didik lebih fokus untuk meningkatkan kemampuan dan pengembangan diri secara lebih luas, daripada terpaku di bidang akademik.

Tahun 2021 Singapura menempati ranking ke-21 sedunia.

Malaysia 

Malaysia berhasil meningkatkan kualitas dan sistem pendidikan selama beberapa tahun belakangan ini dan menggantikan posisi Indonesia. Pada tahun 2021, Malaysia menempati urutan ke-39 sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik secara global. Sementara itu, tahun 2021 peringkatnya naik satu posisi menjadi posisi ke-38.

Thailand

Thailand memiliki sistem pendidikan yang baik sehingga menempati posisi sistem pendidikan terbaik di kawasan Asia Tenggara. Juara sepakbola AFF tahun 2022 ini berhasil menunjukkan peningkatannya dalam kualitas dan sistem pendidikan. Meski sebelumnya, Thailand menempati urutan ke-46 pada tahun 2021, sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Indonesia

Meski posisi Indonesia sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia turun dan digantikan dengan Malaysia, Indonesia tetap masuk dalam daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di kawasan Asia Tenggara, karena penurunan ini tidak begitu signifikan.

Pada kancah internasional, Indonesia menempati urutan ke-55 sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia banyak dimasuki oleh para pelajar dari Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, serta  negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya.

Penurunan tingkat pendidikan Indonesia ini tercermin dari skor kemampuan membaca Indonesia pada Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 yang dikeluarkan oleh The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Posisi Indonesia masih berada di bawah skor rata-rata OECD sebesar 487. Skor kemampuan membaca pelajar Indonesia yang berusia 15 tahun pada PISA 2018 turun menjadi 371 dari 397 pada PISA 2015. 

Skor tersebut terpaut jauh, kisaran 184 poin dari Tiongkok yang berada di urutan pertama. Sehingga peringkat Indonesia turun ke posisi 72 dari 79 negara yang disurvei.

Selain kemampuan membaca, PISA juga mengukur kemampuan dalam tes matematika dan sains. Nah, untuk kamu yang ingin mengasah atau mengukur kemampuan dalam matematika dan pengetahuan dasar, kamu bisa cobain fitur ZenCore yang ada di aplikasi Zenius. Persiapan untuk AKM atau ujian apa pun bisa makin asik deh karena belajar dengan ZenCore rasanya kayak main game.

Pada tingkat Asia, kemampuan membaca pelajar Indonesia berada di bawah Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand. Indonesia hanya lebih unggul dari Filipina.

Filipina

Filipina merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di kawasan Asia Tenggara. Kualitas sistem pendidikan di Filipina memang mengalami penurunan selama beberapa waktu terakhir.

Sebelumnya, Filipina berada di posisi ke-55. Namun, posisinya dalam daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia juga menurun sebanyak tiga tingkat selama tiga tahun belakangan.

Nah, di atas merupakan 5 negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara. Pertanyaan kamu mengenai Indonesia masuk atau tidak di dalam daftar tersebut sudah terjawab ya.

Ayok, pelajar di Indonesia, kita tingkatkan minat membaca, agar kualitas sistem pendidikan Indonesia naik lagi peringkatnya. Kita bisa memulainya dengan memahami tujuan utama dari pendidikan di Indonesia.

Buat menambah kualitas belajarmu, cobain deh paket belajar New Primagama Powered by Zenius. Kamu bisa dapet akses ke puluhan ribu materi belajar, bimbingan dari para tutor berpengalaman, sampai try out gratis. Cek infonya dengan klik gambar di bawah ini, ya!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.