Keindahan Pakaian Adat Jawa Barat beserta Fungsinya

pakaian adat jawa barat

Inget nggak nih setiap hari Kartini akan ada perlombaan di sekolah untuk mengenakan baju adat. Kamu biasanya pakai adat mana nih? Kalau kamu menggunakan pakaian adat Jawa Barat, wah pas banget, karena di kesempatan kali ini aku mau ajak kamu bahas tentang itu.

Kita patut bangga ya sebagai bangsa Indonesia yang memiliki banyak suku dan budaya. Karena itu setiap perayaan hari Kartini terasa meriah dengan baju adat daerah masing-masing yang unik serta cantik. 

Beragamnya pakaian adat yang ada di Indonesia merupakan kekayaan budaya, lho. Makanya jangan sampai kamu nggak tahu deh tentang baju adat. Yuk lanjut baca untuk kenalan lebih jauh dengan baju adat Jawa Barat.

5 Pakaian Adat Jawa Barat Yang Sering Dijumpai

Di era modern ini kebanyakan baju adat digunakan hanya pada saat acara-acara besar kedaerahan ya. Namun pada eranya baju adat ini digunakan sebagai pakaian sehari-hari dalam bersosialisasi.

Ada alasan kenapa pakaian adat Jawa Barat terdiri dari berbagai jenis berbeda. Hal itu terjadi karena dulu pakaian yang kamu kenakan merupakan bentuk status sosial seseorang. Pakaian bagi bangsawan, rakyat menengah hingga rakyat jelata tentunya akan terlihat berbeda.

Tapi tenang aja kok sekarang pakaian tradisional Jawa Barat sudah tidak dilihat sebagai bentuk status sosial seseorang. Seperti yang biasa kamu lihat baju adat banyak dipakai di acara resmi ataupun kondangan untuk semua kalangan.

Nah kali ini aku mau bahas apa saja sih pakaian adat Jawa Barat itu? Cek daftarnya di bawah ini ya!

  • Kebaya Sunda
  • Bedahan
  • Beskap 
  • Menak
  • Pangsi

Kebaya Sunda

Kebaya Sunda ini merupakan pakaian tradisional Jawa Barat yang digunakan oleh wanita. Kebaya Sunda hampir mirip dengan kebaya Jawa Tengah ataupun Jawa Timur. Fungsinya juga sebagai atasan dengan bawahan berupa kain jarik khas Sunda.

Perbedaan Kebaya Sunda dengan kebaya dari daerah lain terdapat di bagian kerahnya yang berbentuk U bukan V seperti kebaya jawa pada umumnya. Kebaya Sunda juga cenderung lebih panjang menutupi pinggul dan paha. Warna kebaya Sunda juga lebih terang seperti Merah, Putih, Kuning.

Kebaya Sunda banyak dipakai oleh kalangan biasa hingga menengah. Untuk mempercantik tampilan busana, aksesoris seperti tusuk konde, cincin dan gelang ikut dikenakan.

Bedahan

Baju adat Bedahan merupakan baju daerah Jawa Barat yang kerap digunakan oleh masyarakat menengah yang biasanya adalah pedagang atau saudagar. Pada masa penjajahan, baju adat Bedahan ini biasa digunakan oleh pegawai negeri dan pamong praja.

Baju Bedahan untuk pria biasanya berwarna putih dengan atasan jas takwa. Bawahannya berupa kebat batik dan dilengkapi juga dengan ikat kepala dan sandal terompah kayu. Karena pakaian digunakan untuk menunjukkan status sosial terkadang ditambahkan juga aksesoris seperti arloji dengan rantai emas.

Untuk wanita biasanya menggunakan Bedahan berwarna merah dengan ikat pinggang dan dilengkapi dengan selendang dan juga selop sebagai alas kaki. Terkadang digunakan juga cincin, gelang atau kalung dari emas dan perak.

Beskap

Pakaian adat Jawa Barat selanjutnya adalah Beskap. Pakaian adat yang satu ini digunakan untuk acara-acara formal seperti pernikahan, upacara adat hingga pertemuan nasional. Kalau dilihat dari fungsinya tentu sampai sekarang baju adat yang satu ini masih sering kali dipakai. Kalau kamu sadar mungkin banyak pejabat negara atau orang terkenal yang mengenakan Beskap di suatu acara.

Keunikan baju adat Jawa Barat yang satu ini tampak dari tampilan kerah tinggi tanpa lipatan dengan warna hitam. Terlihat simple bukan? Namun keindahannya tidak tergerus oleh waktu, lho. Padu padan Beskap biasanya dengan kain jarik khas Sunda.

Potongan kain bagian depan dan belakang tampak berbeda dengan tujuan memudahkan untuk memasukkan aksesoris keris. Jangan bingung mencari kancing baju adat ini, karena memang dibuat menyamping.

Menak 

Kalau tadi aku udah ajak kenalan dengan baju tradisional Jawa Barat untuk masyarakat biasa hingga menengah, sekarang aku ajak intip baju yang kerap digunakan kaum bangsawan. Menak terbuat dari jas beludru yang disulam dengan benang emas. Wah sudah tau ya kenapa ini untuk kaum tertentu saja.

Baju adat Menak di kaum pria berupa jas atau atasan lengan panjang dengan celana panjang hitam dengan lilitan kain dodot dengan motif tertentu. Ditambahkan pula ikat kepala dan selop sebagai alas kaki.

Untuk wanita biasanya menggunakan kebaya beludru hitam bersulam benang emas dengan bawahan jarik yang sama dengan prianya. Selop sebagai alas kakinya juga berbahan beludru.

Tampilannya berfokus di warna hitam dan putih atau emas, memberikan kesan mewah dan elegan ya. Penggunaannya di masa sekarang masih pantas untuk acara-acara besar atau formal.

Pangsi

Baju adat Jawa Barat yang satu ini mungkin kerap kamu temui di sekitarmu atau di film-film budaya Sunda. Pangsi merupakan pakaian adat Jawa Barat yang dulunya dipakai oleh kaum laki-laki yang bekerja sebagai petani atau buruh.

Pangsi terdiri dari kemeja hitam yang dikenal dengan salontreng, dilengkapi dengan bawahan celana panjang longgar di atas mata kaki. Mereka juga mengenakan kaos putih di bagian dalam. Biasanya digunakan pula ikat kepala dan sandal dari kayu.

Meski pada masanya baju ini identik dengan kaum buruh namun kini sudah banyak dipakai oleh berbagai kalangan dengan banyak modifikasi. Kamu sudah pernah coba belum?

Itu tadi bahasan tentang pakaian adat Jawa Barat. Banyak dari baju adat tersebut yang masih kerap digunakan di era kini baik untuk acara-acara formal maupun non-formal. Salah satunya karena bahan pembuatannya tidak terlalu susah dicari dan aksesorisnya yang simple.

Keunikan baju adat Jawa Barat ini harus terus dilestarikan sebagai bagian dari budaya bangsa. Kamu bisa memulainya dengan tak malu menggunakan pakaian tradisional.  Baju adat sudah didesain dengan indah dan anggun, pasti cocok untuk kamu.

Pembahasan tentang pakaian adat Jawa Barat sudah dulu ya. Kita ketemu di pembahasan baju adat lain, semangat terus belajarnya!

Oya, New Primagama Powered by Zenius punya gaya belajar terbaru nih yang bakal bantu kamu meraih prestasi dan lulus ujian apa pun. Langsung aja cek deretan paket belajarnya dengan klik gambar di bawah ini, ya!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.