13+ Universitas di Jawa Tengah yang Terakreditasi A

Universitas negeri dan swasta di Jawa Tengah

Bagi kamu yang sedang mencari universitas terbaik di Jawa Tengah, artikel ini tepat untukmu.

Kalau kamu sekarang sedang berada di bangku kelas 12, dan mencari universitas negeri di Jawa Tengah, aku akan membantumu dengan memberikan list 15 universitas negeri dan universitas swasta di Jawa Tengah.

Ada banyak sekali universitas di Jawa Tengah yang terakreditasi A yang dapat kamu pertimbangkan, sesuai dengan minat dan kemampuan serta jurusan yang kamu inginkan.

Terdapat banyak sekali universitas negeri di Jawa Tengah yang memiliki popularitas tinggi, dan tentunya banyak indikator yang menjadikannya terbaik. Antara lain: kualitas manajemen, tenaga pengajar, mutu penelitian dan publikasi, serta akreditasi dan tidak tertinggal juga mahasiswanya.

Hal ini mendorong Menristekdikti, Unirank, dan Webometric meluncurkan peringkat universitas guna mempermudah calon mahasiswa untuk menentukan PTN atau PTS terbaik.

Adapun 15 universitas yang ada di Jawa Tengah, antara lain:

1. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro atau biasa dikenal juga dengan Undip merupakan perguruan tinggi negeri. Undip terletak di Semarang, Jawa Tengah dan menduduki peringkat 8 universitas terbaik secara nasional.

Beberapa program studi di Undip telah mendapatkan akreditasi internasional. Program studi yang telah mendapatkan akreditasi AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) di antaranya adalah Teknik Kimia, Teknik Mesin, Kesehatan Masyarakat, dan Ekonomi Pembangunan. 

2. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang atau dikenal juga dengan Unnes mendapat pengesahan dari Kementerian Riset dan Teknologi. Kisaran tingkat penerimaan adalah 10-20%. Unnes memiliki keanggotaan di Association of Southeast Asian Institutions of Higher Learning.

Empat program studi di Universitas Negeri Semarang (Unnes) kini telah tersertifikasi internasional, yaitu: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI/Fakultas Bahasa dan Seni), Pendidikan Biologi (FMIPA), Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR/Fakultas Ilmu Keolahragaan), dan  Ekonomi Pembangunan (PE/Fakultas Ekonomi). 

3. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret (UNS) adalah universitas negeri yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah. UNS memiliki mess untuk mahasiswa hingga bantuan keuangan. Tidak hanya itu, UNS juga memiliki fasilitas yang menunjang kegiatan belajar dan mengajar yang lengkap.

Terdapat lima prodi (prodi) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang telah memperoleh akreditasi internasional. Empat di antaranya sudah memperoleh sertifikat dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). 

Satu prodi memperoleh sertifikasi dari The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization (ABEST21). Empat prodi lainnya yang memperoleh sertifikasi AUN-QA di 2018 ini adalah prodi S1 Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Teknik Mesin S1 Fakultas Teknik (FT), dan Prodi S1 Teknik Sipil FT.

4. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta atau dikenal juga UMS merupakan universitas swasta. Universitas berbasis agama Islam ini memiliki kebijakan penerimaan yang selektif. Kamu perlu mengikuti ujian masuk untuk berkuliah di sini. Di UMS juga banyak mahasiswa internasional yang mendaftarkan diri untuk studi formalnya. UMS meraih akreditasi internasional versi AUN-QA, di antaranya adalah Teknik Arsitektur, Farmasi dan Keperawatan.

5. Universitas Jenderal Soedirman

Universitas Jenderal Soedirman yang dikenal juga dengan nama Unsoed merupakan universitas negeri yang berada di Purwokerto, Jawa Tengah. Unsoed memiliki beberapa kampus yang terletak di Grendeng, Blater, Kalibakal, Berkoh, dan Karangwangkal. 

6. Universitas Dian Nuswantoro

Didirikan pada tahun 1990, Universitas Dian Nuswantoro dikenal dengan Dinus dan terletak di Jawa Tengah, Semarang, Indonesia. Setelah mendapat izin dari Kementerian Riset dan Teknologi, serta merupakan universitas di Jawa Tengah yang terakreditasi A

7. Universitas Muhammadiyah Semarang

Kalau di urutan pertama ada Undip yang merupakan PTN di semarang, untuk PTS-nya ada Unimus. Singkatan untuk Universitas Muhammadiyah Semarang adalah Unimus ya, teman-teman. Kalau UMS untuk Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hehehe… 

Universitas Muhammadiyah Semarang memiliki tiga akademi terkenal, yaitu Akademi Perawat, Akademi Analis Kesehatan, dan Akademi Nutrisi. Universitas ini memiliki beberapa kampus, beberapa di antaranya berada di Kedungmundu, Wonodri, Kasipah.

8. Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Kristen Satya Wacana adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia. Universitas yang terletak di Salatiga, Jawa Tengah dikenal juga dengan UKSW. 

9. Universitas Islam Negeri Walisongo

Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia yang berafiliasi khusus dengan agama Islam. Dari berbagai universitas Islam di Indonesia, UIN Walisongo adalah salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai predikat yang tidak kalah dengan universitas negeri lainnya. UIN Walisongo Semarang sudah mendapat akreditasi A pada tahun 2019 menurut BAN-PT.

10. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mendapat akreditasi B dari BAN-PT sejak 2020 lalu. UMP menempati peringkat ke-2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Jawa Tengah, dan peringkat ke 6 di Indonesia.

11. Universitas Islam Sultan Agung

Universitas Islam Sultan Agung atau yang biasa dikenal dengan UNISSULA ini merupakan salah satu Universitas swasta di Semarang yang telah terakreditasi oleh BAN-PT A. UNISSULA terbilang cukup lengkap. Universitas tersebut saat ini memiliki 11 fakultas dengan 38 program studi yang terdiri dari D3, S1, S2 dan S3.

12. Universitas Katolik Soegijapranata

Menurut penilaian Kemenristekdikti, Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Tidak hanya itu, BAN PT menyatakan bahwa Unika juga merupakan universitas swasta pertama di Jawa Tengah yang mendapat akreditasi A. Sebelumnya Unika bernama Institut Teknologi Katolik Semarang dan merupakan terusan dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya cabang Semarang.

13. Universitas Semarang

Sebelumnya kampus ini berawal dari nama Politeknik Semarang di tahun 1987, kini berubah menjadi Universitas Semarang dan dikelola oleh Yayasan Alumni Universitas Diponegoro.

14. Universitas Tidar Magelang

Universitas Tidar (UNTIDAR) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Universitas Tidar Magelang secara resmi memulai penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi tanggal 17 Juli 1979 sesuai izin Koordinator Kopertis Wilayah V (Jawa Tengah dan DIY). 

Setelah selama 19 tahun menjalankan kegiatan pendidikan, seluruh program studi yang diselenggarakan kampus ini akhirnya mendapatkan status terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

15. Universitas PGRI Semarang

Universitas PGRI Semarang merupakan PTS yang didirikan oleh Pengurus Daerah Tingkat I PGRI Provinsi Jawa Tengah melalui Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) IKIP PGRI Jawa Tengah dan merupakan perubahan bentuk dari IKIP PGRI Semarang dengan Akademi Teknologi Semarang.

Gimana teman-teman, universitas mana yang paling menarik menurutmu? New Primagama Powered by Zenius siap bantu kamu untuk hadapi seleksi mandiri di kampus mana aja. Klik gambar di bawah ini untuk dapetin info lengkapnya, ya!

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.