"Total Mendampingi Belajar Siswa"
   
     
 
 
 
 
Berita Pendidikan


21/11/2011 (10:28)
Berita lengkap seputar Olimpiade Matematika dan Sains untuk siswa SD se-Asia

JAKARTA, Olimpiade Matematika dan Sains untuk siswa SD se-Asia adalah ajang yang cukup bergengsi untuk kompetisi Matematika dan Sains . Acara  ini diikuti 131 peserta yang terdiri dari 87 siswa untuk bidang Matematika dan 44 peserta untuk bidang Sains. Peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Yohanes Surya, penggagas Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary School (ASMOPS) sekaligus pendiri Surya Institute, Jumat (18/11/2011) di Jakarta, menyebutkan, prestasi anak-anak yang membanggakan, khususnya anak-anak dari  Papua yang begitu mengangumkan.

Banyak anak-anak SD dari Papua yang masih sulit menghitung. Namun, dengan pelatihan lewat Matematika Gasing (Gampang Mengasyikkan) yang digagas Yohanes Surya, anak-anak Papua mampu menunjukkan prestasi.
Siswa SD Papua yang dinilai membuat gebrakan luar biasa sehingga meraih medali emas adalah Kristian Murib (Wamena), Merlin Kogoya (Tolikara), Kohoin Marandey (Sorong Selatan), dan Ayu Rogi (Waropen). Mereka yang meraih medali perak adalah Syors Srefle (Sorong Selatan), Natalisa Dori (Waropen), Nikolaus Taote (Mimika), dan Emon Wakerwa (Tolikara). Adapun medali perunggu dipersembahkan Alex Wanimbo (Lani Jaya), Boni Logo (Wamena), dan Ester Aifufu (Sorong Selatan).
Bagi Kristian Murib, prestasi ini adalah medali kedua yang ia peroleh. Beberapa waktu lalu, ia meraih perunggu dalam ajang Olimpiade Sains Nasional 2011 di Manado, Sulawesi Utara.
Siswa lainnya, Kohoin Mrandey, merupakan anak yatim yang berasal dari keluarga kurang mampu. Ibunya sulit sekali mencari penghasilan yang cukup untuk makan sehari-hari.

Dalam ajang ASMOPS pertama di bidang Matematika ini ada 11 siswa peraih emas, 16 siswa peraih perak, dan 18 siswa peraih perunggu. Untuk bidang Sains, ada 7 siswa peraih emas, 9 siswa peraih perak, dan 9 siswa peraih perunggu.
Kompetisi ini bertujuan memotivasi para siswa agar menyukai Matematika dan Sains sejak dini, sekaligus untuk meningkatkan hubungan baik di antara negara-negara di Asia di tingkat SD. Selain Indonesia, peserta berasal dari Malaysia dan Filipina. Jumlah total peserta 131 siswa, dengan rincian 87 peserta untuk bidang Matematika dan 44 peserta untuk Sains. Lomba ini diisi dengan kompetisi babak teori pada hari pertama, sedangkan hari kedua kompetisi babak eksperimen untuk Sains dan eksplorasi untuk Matematika.

ASMOPS dibuka dengan eksperimen sains. Prof Yohanes Surya selaku pendiri ASMOPS, Anton Wardaya selaku Presiden ASMOPS, dan Syailendra Harahap selaku Ketua Panitia, masing-masing mencampurkan satu gelas kalium iodida ke tiga bejana yang berisi hidrogen peroksida, sabun, dan pewarna. Busa berwarna-warni seperti warna-warna gulali yang seolah-olah tidak habis-habisnya keluar dari ketiga bejana tersebut.

Hal singkat tentang ASMOPS yang bisa kita catat adalah:
ASMOPS merupakan suatu perlombaan matematika dan sains di tingkat sekolah dasar yang
di inisiatifkan oleh prof Yohanes Surya Phd. Pertama diselenggarakan di gedung Surya Research end Education (SuRE) Center
tanggal 14 -18 November 2011. Hari pertama kompetisi dan  hari kedua percobaan eksplorasi.

Syarat peserta ASMOPS adalah anak dengan usia tidak lebih dari 13 tahun, bisa mewakili kelompok dan tiap kelompok terdiri dari 4 siswa yakni 2 orang mewakili matematika dan 2 orang lagi mewakili sains
Adapun materi yang di ujikan / di pertandingkan adalah : kompetisi bidang matematika yaitu Aritmatika, Geometri,Data dan Kombinatorik, sedangkan bidang Sains meliputi kemampuan metodologi ilmiah, Isu lingkungan, Ekologi,Fisiologi,Anatomi, Spesies dll.

Sedangkan untuk evaluasi dan penghargaan Juri akan menentukan nilai minimal untuk meraih medali emas perak dan perunggu serta akan menerima sertifikat berdasarkan peringkat.

Dalam kompetisi tersebut, PRIMAGAMA ikut mencatatkan diri dalam lembar prestasi. Yaitu 3 dari 10 SISWA TERBAIK PRIMAGAMA yang mengikuti ajang ini telah BERHASIL BERPRESTASI dengan mendapatkan 1 medali perak a/n: Taki Zaki Amani (Primagama Pondok Bambu) dan 2 medali perunggu a/n: Rafi Ahmad (Primagama Kp.Melayu) dan  Kevin william (Primagama Pondok Bambu,).

Selamat & Sukses bagi semua pemenang. Salam Smart bagi adik-adik dan Cabang
Primagama di MF Jaktim atas prestasinya yg sudah mengharumkan nama bangsa
Indonesia & Primagama.


Sumber berita    :
1.edukasi.kompas.com/Anak-anak.Papua.Persembahkan.Medali.Emas : Ester Lince Napitupulu, Nasru Alam Aziz
2.edukasi.kompas.com/read/2011/11/14/23214077/Indonesia.Gagas.Olimpiade.Matematika.dan.Sains.Asia
3.www.primagamaplus.com/2011/11/18/asian-math-and-science-olympiad-for-primary-school.

Edit berita oleh : Gunadi Pg


Dibaca: 1357 kali.
| More


Cari Alamat Kantor Primagama seluruh Indonesia



  • LATEST RELEASE
  • 11/04/2014 (16:28)
    Tolok ukur keberhasilan brand dalam menguasai pasar terlihat jelas pada Top Brand Kids & Teens tahun ini. Ada brand yang melesat meninggalkan kompetitor, ada juga yang sudah berlenggang di  langit  kemenangan selama beberapa tahun belakangan. Hanya brand yang mampu memahami kebutuhan mereka dan kualitas produk dan layanan yang baiklah yang menjadi pemenang. Kedinamisan dalam pergerakan merek selalu mewarnai Top Brand. Hal ini menunjukkan persaingan di industri semakin ramai. Salah satunya adalah kategori Bimbingan Belajar. Keterbatasan orang tua dalam membimbing anaknya untu ... .
  • LATEST NEWS
  • 21/04/2014 (16:13)
    Situs "Belajar di Jepang" bekerja sama dengan PT JTB Indonesia mengadakan tur keliling 10 perguruan tinggi paling top di Jepang, di antaranya Tokyo University, Waseda University, Kyoto University, dan Keio University. Ini merupakan tur perkenalan studi untuk mengenal lebih jauh kampus dan dinamika studi di Negeri Sakura.Takeshi Yoshiwatari, seorang konsultan yang juga menjabat Vice President Director PT Fuji Staff Indonesia, di Jakarta, Senin (14/4/2014), menuturkan bahwa selain tur kampus, peserta juga akan diajak berwisata di Tokyo, Kyoto, Osaka, serta menikmati keindahan Gunung Fuji. Tur ... .
  • LATEST ARTICLE
  • 24/02/2009 (15:16)
    Prestasi dan Kreativitas Meningkatkan Mutu Siswa oleh: Dr.Sungkowo M Kegiatan-kegiatan kesiswaan yang meliputi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), hingga ke Lomba Debat Bahasa Inggris dan Lomba Penelitian Ilmu Pengetahuan Remaja (LPIR), telah berjalan sesuai dengan program yang dicanangkan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, selama tahun 2008 ini. Semua kegiatan ini merupakan gambaran dari proses peningkatan mutu siswa melalui prestasi dan kreativitas. OSN, O2SN, dan FLS2N adalah bagian d ... .
© 05/2010. Primagama. All Rights Reserved